Berisi Tentang Info Lowongan-Lowongan Terbaru, Tips Interview, dan Tips Melamar kerja

Arsip Blog

Recent Post

javascript:void(0)

Tuesday, September 15, 2009

Langkah-Langkah Dasar Mengelola Hubungan Kerja dengan Atasan Anda

Langkah-Langkah Dasar Mengelola Hubungan Kerja dengan Atasan Anda
Oleh Cynthia Loh

Lynnette Lee baru saja dimutasikan dari departemen lain pada sebuah perusahaan perdagangan elektronik. Sebelumnya, ia mendapat kabar burung bahwa atasannya yang baru itu bukanlah seorang yang bersahabat. Ternyata itu benar, atasannya tampak tidak begitu komunikatif dan Lynnette menghadapi kesulitan dalam memenuhi tugas-tugas yang diberikan kepadanya oleh atasan itu. Tidak lama kemudian Lynnette berusaha memutuskan mencari pekerjaan baru sebagai jalan keluar yang paling mudah. Ia mengundurkan diri setelah bekerja selama 2 bulan dengan perasaan tertekan.

Dalam dunia kerja, banyak orang berpendapat bahwa mengelola karyawan (managing people), hanyalah ditujukan bagi atasan terhadap bawahannya. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa hubungan kerja dengan atasan juga perlu dikelola. Mengelola hubungan kerja dengan atasan serupa dengan mengelola hubungan dengan pelanggan anda. Kedua hal tersebut berkaitan dengan pengelolaan manusia dan hubungan baik. Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya memiliki hubungan baik dengan atasan. Sebenarnya, atasan memainkan peranan penting pada kemajuan karier seseorang. Bagi bawahan, atasannya ialah orang yang menrekomendasikan kenaikan gaji dan promosi. Pada sisi lain, hubungan atasan-bawahan yang tegang menyebabkan suasana kerja yang tidak sejahtera dan kesempatan pengembangan karier menjadi terhambat terutama bagi bawahan. Jadi, bagaimanakah caranya membangun hubungan atasan-bawahan yang saling menguntungkan? Mari kita mulai dari beberapa langkah dasar dibawah ini:

Kerjakan Pekerjaanmu dengan Baik dan Patuhi Peraturan
Bekerjalah dengan cerdas dan selesaikan pekerjaanmu dengan baik. Tunjukkan inisiatif yang tinggi dan terbukalah merima tanggung-jawab anda. Penting untuk mengenali dengan baik perusahaan anda dan patuhi kebijakan-kebijakan perusahaan. Anda tidak akan keluar kantor (selain untuk urusan dinas) pada jam 09.15 pagi apabila jam kerja di perusahaan anda dimulai dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 6.00 sore.

Pahami Cara Kerja Atasan Anda
Penting memahami cara kerja atasan anda. Cari tahu apakah dia menekankan pada aspek praktis atau pada nilai-nilai yang mendalam secara detil. Bekerjalah dengan cerdas dan selesaikan tugasmu sesuai arahan atasan anda. Apabila atasan anda menyukai hal-hal yang sederhana dan praktis, jangan berikan ia hal-hal yang mendetil. Karena dalam jangka panjang anda sendiri yang akan semakin frustasi. Kemudian, cari tahu apa harapannya terhadap anda. Berkomunikasilah dengan atasan anda secara kontinu dan mintalah umpan-balik jika diperlukan. Memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan atasan itu terbukti sangat penting.

Bekerjalah Sebagai Bagian dari Perusahaan
Bagaimana kerja departemen anda tercermin pada atasan dan juga bawahan. Ketika departemen anda bekerja-sama, kredibilitas seluruh personnelnya meningkat. Bersikaplah professional dan pikirkanlah departemen sebagai satu kesatuan. Bekerja-sama-lah dengan rekan sekerja anda dan berkembanglah sebagai kesatuan. Untuk mencapai kesuksesan sebuah departemen atau perusahaan, dibutuhkan kerjasama tim dan bukan kerja seorang saja.

Selesaikanlah Ketidaksepahaman yang Terjadi
Apa yang anda lakukan apabila anda tidak setuju dengan putusan bisnis atasan anda? Apakah anda akan memikirkannya terus-menerus ataukah anda akan menjalankan itu walaupun sukar? Dalam menghadapi dilema seperti ini, lebih baik pikirkan langkah-langkah yang akan diambil. Perlukah anda bersusah-payah membahas masalah yang sensitif itu. Jika tidak, barangkali lebih baik tidak perlu bersikeras membahasnya.

Jangan "Mengancam" Posisi Atasan Anda
Bersikaplah penuh antusias tanpa kesan mengancam posisi atasan anda. Atasan anda akan tidak suka apabila ia tahu bahwa anda mengancam posisinya dalam perusahaan.

Bersikaplah Jujur dan Tidak Berjanji Secara Berlebihan
Kunci dalam mengembangkan hubungan kerja yang baik ialah menempatkan anda pada posisi dimana atasan anda percaya pada kemampuan anda dan ia dapat mengandalkan ide-ide anda yang baik. Walaupun ia meyakini kemampuan anda, katakan sejujurnya apabila anda pikir anda tidak akan dapat memenuhi deadline tertentu. Berikan penjelasan dan negosiasikan deadline yang lebih realistis. Dengan cara ini, atasan anda dapat memahami kapabilitas anda lebih baik lagi. Jika anda mendapatkan masalah, dekati atasan anda dan bertanyalah padanya. Jika anda menghindari masalah itu, masalah itu tidak akan selesai dengan sendirinya.

Buatlah atasan anda berpikir dan merasa bahwa anda adalah benar-benar bawahan yang luarbiasa. Tetapi jika ternyata setelah anda telah bekerja selama lima tahun tanpa ada tanda-tanda peningkatan gaji, promosi atau bonus, barangkali inilah waktunya untuk mempertimbangkan kembali hubungan anda sebagai bawahan dengan atasan anda. Apabila mengalami situasi ini, anda tahu bahwa inilah waktunya untuk memperbarui resume anda dan mulai membaca iklan.

Sumber: http://id.jobstreet.com/career/karier/karier22.htm

No comments:

Post a Comment


Masukkan Code ini K1-D1874D-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
There was an error in this gadget

ShoutMix chat widget

Reader Community

 
Copyright 2009 http://www.lowongankerja-bamsyul.co.cc/ | This Web is proudly powered by Blogger.com | Support by CO.CC |Template by Angga Leo Putra