Berisi Tentang Info Lowongan-Lowongan Terbaru, Tips Interview, dan Tips Melamar kerja
Download TV Software. It's safe to install

Arsip Blog

Recent Post

javascript:void(0)

Tuesday, September 15, 2009

Internal Customer


Internal Customer
by Franz Dirgantoro – Country Manager Jobstreet.com

Keberhasilan seseorang di dunia kerja bergantung juga bagaimana seseorang menangani pelanggan internalnya. Sebagian dari kita bahkan tidak tahu siapa pelanggan internal kita. Pelanggan internal bisa perorangan atau pun bagian atau divisi. Seorang tenaga penjual, misalnya, selain mempunyai pelanggan internal, juga berhadapan dengan bagian invoicing, yaitu bagian yang mengeluarkan tagihan dan kuitansi atau pun berhubungan juga dengan bagian penagihan. Keberhasilan seorang tenaga penjual tidak lepas dari semua yang berkaitan dengan proses penjualan.

Proses yang dimiliki seorang tenaga penjual harus menjadi miliknya meskipun seringkali tidak memiliki kontrol akan hal tersebut. Bagaimana proses pengiriman dari gudang ke pelanggan, bagaimana proses pembayaran, bagaimana proses komplain pelanggan, bagaimana mutu produk dan jasa, merupakan hal-hal yang harus diketahui pasti sebagai seorang penjual. Tantangannya adalah bagaimana semua proses dapat berjalan baik tanpa mempunyai kewenangan atas sebagian atau semua bagian tersebut? Jawabannya sama yaitu bagaimana penjual dapat meyakinkan pelanggan eksternalnya yang notabene tidak mempunyai kontrol penuh.

Untuk dapat sukses tentu saja pengelolaan pelanggan internal sama pentingnya dengan pengelolaan pelanggan eksternal. Ide perlu dikemas sedemikian rupa sehingga rekan atau bagian lain dapat menerima ide kita. Keluhan rekan kerja atau bagian lain perlu ditanggapi sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Komunikasi perlu dibina supaya ada pengertian anta rekan atau divisi lain. Jasa yang diberikan ke antar rekan atau divisi lain diberikan dengan kualitas terbaik. Hubungan didasarkan pada prinsip menagn-menang. Masih banyak hal lain yang dapat kita kembangkan untuk melayani divisi lain atau rekan kerja kita. Jika pelayanan pelanggan internal kita dapat maksimal, niscaya karier kita akan terus mananjak dan kita akan memperoleh banyak sahabat.


Sumber: http://id.jobstreet.com/career/karier/karier12.htm


No comments:

Post a Comment

Backlink Lists|Free Backlinks

Masukkan Code ini K1-D1874D-E
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
CO.CC:Free Domain

ShoutMix chat widget

Reader Community

 
Copyright 2009 http://www.lowongankerja-bamsyul.co.cc/ | This Web is proudly powered by Blogger.com | Support by CO.CC |Template by Angga Leo Putra